Header Ads

Pengelompokkan Tumbuhan, Daun, Bunga dan Buahnya, Akar Beserta Gambarnya

Macam - macam Tumbuhan Beserta Ciri - ciri dan Gambarnya


1. Daun Sirih

Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

2. Bunga Anggrek

Ciri ciri nya adalah sebagai berikut :
Bunga anggrek dapat hidup disituasi cahaya matahari tertentu, Bunga anggrek tidak mempunyai akar serabut yang ada di dalam, Bunga anggrek memiliki jamur akar atau yang sering disebut dengan mikoroza yang terdapat di permukaan akar  Bunga anggrek mempunyai batang yang berbentuk beruas- ruas 

3. Jahe

Ciri khas :
Tanaman rimpang, Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron, Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm, Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat, Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm, Tangkai daun berbulu halus, Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm.
Manfaat:


4. Daun Jati


Ciri khas:
Daun berbulu halus dan jika diremas akan menghasilkan warna merah darah, Warna kayu coklat kuning hingga coklat kemerahan, Bentuk daun elips dengan ukuran 60-70x80-100 CM untuk pohon jati muda dan akan segera mengecil saat usia pohon semakin bertambah tua menjadi sekitar 15-20 cm


5. Bunga Kertas


Ciri khas :
Helaian daun bentuknya memanjang, ujung runcing, pangkal memeluk batang, tepi rata, tulang daun melengkung. Bentuk bunganya seperti bunga Aster, dengan warna yang beraneka ragam seperti merah tua, merah muda, kuning atau biru keunguan yang keluar dari ujung batang. Perbanyakan dengan biji.


6. Akar Jagung


Akar tanaman jagung berbentuk serabut, yang kecil-kecil seperti rambut.
Batangnya tidak mengalami pertumbuhan sekunder karena tidak berkambium sehingga tidak dapat tumbuh membesar, hanya tumbuh memanjang.



7. Daun Singkong

Ciri ciri Tanaman Singkong Singkong identik dengan makanan pedesaan, hanya biasa tersaji di meja sederhana milik petani.Ada istilah “Anak singkong”, yang berarti anak petani dari desa yang selalu hidup sederhana.Namun jangan salah, berkat kemajuan industri masa kini, singkong sudah naik derajat menjadi makanan cemilan olahan yang enak dilidah.Berbagai makanan olahan dari singkong kini sudah banyak yang mengihiasi etalase supermarket modern.



8. Bunga Melati


Menurut jenis batangnya, tumbuhan ini dapat digolongkan sebagai semak
Batangnya berkayu dengan tinggi kurang dari 5 meter, Batangnya sedikit berbulu halus dan jarang
Daun Melati putih merupakan tumbuhan dengan daun majemuk menyirip (pinnatus), artinya daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun tersusun seperti sirip pada ikan.
Kedudukan daun batang (filotaksis) berjenis apposite dengan setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan.
Daunnya hanya memiliki tangkai dan helaian saja, berbentuk ovate, pangkal daun berbentuk setengah lingkaran sedangkan pada ujung daun sedikit meruncing.


9. Akar Padi

Padi termasuk dalam suku padi-padian atau poaceae. Terna semusim,berakar serabut,batang sangat pendek,struktur serupa batang terbentuk dari rangkaian pelepah daun yang saling menopang daun sempurna dengan pelepah tegak,daun berbentuk lanset,warna hijau muda hingga hijau tua,berurat daun sejajar,tertutupi oleh rambut yang pendek dan jarang,bagian bunga tersusun majemuk,tipe malai bercabang,satuan bunga disebut floretyang terletak pada satu spikelet yang duduk pada panikula,tipe buah bulir atau kariopsis yang tidak dapat dibedakan mana buah dan bijinya,bentuk hampir bulat hingga lonjong,ukuran 3mm hingga 15mm,tertutup oleh palea dan lemma yang dalam bahasa sehari-hari disebut sekam,struktur dominan padi yang biasa dikonsumsi yaitu jenis enduspermium.

No comments

Powered by Blogger.